Banyak Makan Buah dan Sayur Cegah Penyakit Jantung

Buah dan sayuran memiliki beragam jenis. Keduanya bisa dikonsumsi segar atau diolah menjadi makanan. Mengandung sejumlah vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu wajib dikonsumsi setiap hari.

Buah dan sayur mengandung cukup vitamin, mineral dan serat. Kandungan kalori dan lemaknya juga rendah. Kedua makanan kaya serat ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa sayur dan buah dapat mencegah resiko penyakit jantung.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO), makan buah dan sayuran setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Resiko tersebut bisa dicegah hingga 20 persen.

Telah diketahui tingkat kematian akibat penyakit jantung dua kali lebih tinggi. Terjadi pada orang yang berdiet tinggi lemak jenuh, lemak trans dan garam seperti pada junk food. Namun ada juga yang meninggal akibat penyakit jantung karena penyebab lainnya.

Dari hasil laporan angka kematian yang diperoleh WHO tahun 2008 sebanyak 17,3 juta jiwa meninggal akibat penyakit jantung. Diet yang tidak sehat, merokok, aktivitas fisik dan konsumsi minuman alkohol, adalah penyebab utama terjadinya penyakit kardiovaskular.

Jika tidak ingin terkena penyakit jantung, wajib konsumsi buah dan sayur setiap hari. Bisa dimakan segar bisa juga dibuat jus, dan makanan lainnya. Harganya yang terjangkau, membuat buah dan sayur menjadi salah satu kebutuhan pokok sehari-hari.


Sumber : detikfood.com

0 Response to "Banyak Makan Buah dan Sayur Cegah Penyakit Jantung"

Posting Komentar