Cepat Lapar? Mungkin Inilah Penyebabnya

Stress dan kurang tidur merupakan gaya hidup yang tak sehat. Cepat laparpun bisa Anda alami. Kalori juga bisa bertambah jika terlalu sering makan. Seperti yang dilansir dari msn, ada beberapa penyebab mengapa Anda sering merasa lapar.

Mengendalaikan nafsu makan memang sulit. Terlebih jika makanan yang tersaji terlihat menggiurkan. Laparpun langsung melanda Anda. Kebiasaan buruk yang sering dilakuakan bisa jadi penyebabnya. Berikut penyebab lainnya yang membaut Anda sering lapar.

1. Terlalu Banyak Minum Alkohol
Alkohol merupakan penyebab utama makan berlebihan. Menurut sebuah studi, minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar ghrelin yaitu hormon yang membuat sering lapar. Studi ini juga telah diterbitkan dalam American Journal of Clinical Research.

2. Sering Menonton Televisi
Menonton TV memang paling asik sambil menikmati camilan. Namun perlu waspada, tanpa sadar Anda menghabiskan banyak makanan. Menurut sebuah studi dari USDA, orang-orang yang menonton TV lebih dari dua jam sehari lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan.

3. Melihat Gambar Hidangan Lezat
Mungkin Anda menghabiskan banyak waktu untuk melihat buku resep. Gambar makanan yang menggiurkan, tentunya akan menggugah selera Anda. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience mrngungkapkan, hormon ghrelin yang menyebabkan kelaparan bisa meningkat setelah melihat gambar makanan yang lezat

4. Tidak Sarapan
Terburu-buru akibat kesiangan saat berangkat kerja atau sekolah. Membuat Anda melupakan sarapan. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang melewatkan menu sarapannya cenderung mengalami kelebihan berat badan sekitar 4 kali lipat. Hal ini juga bisa menyebabkan nafsu makan Anda meningkat saat makan siang.

5. Makan Terlalu Cepat
Terburu-buru saat makaan juga menjadi penyebab munculnya lapar. Perut tidak akan bisa melepas hormonnya untuk memberitahu otak agar berhenti makan. Dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism disebutkan, semakin lama menghabiskan makanan, maka Anda akan merasa lebih kenyang sesudahnya.

6. Stress Ditempat Kerja
Banyaknya beban dan tanggung jawab dikantor bisa membuat Anda mudah stress. Hal ini juga bisa mempengaruhi kebiasaan makan. Penelitian yang telah tercatat dalam American Journal of Clinical Nutrition, melibatkan 230 responden wanita. Mereka yang merasa stress di tempat kerja akan membuat mereka makan lebih banyak dan tidak terkontrol.

7. Gemar Minuman Bersoda
Minuman manis dan bersoda dapat merusak kemampuan otak. Kelebihan kaloripun bisa Anda dapatkan dan akan meningkatkan berat badan. Menurut sebuah studi Fisiologis dan Perilaku, makanan atau minuman manis dapat mengacaukan kemampuan otak untuk mengontrol pola makan. Adabaiknya jika Anda mengurangi asupan minuman bersoda dari sekarang.


Sumber : detikfood.com




0 Response to "Cepat Lapar? Mungkin Inilah Penyebabnya"

Posting Komentar