Ingin Tetap Sehat dan Bugar? Wajib Makan Buah Segar!

Buah segar merupakan sumber viatamin, serat dan mineral yang wajib dikonsumsi setiap hari. Enak rasanya dan bisa diolah menjadi beragam sajian memikat selera. Kalau sedang berdiet, pastikan buah segar selalu ada dalam tiap menu.

Jenis buah-buahan sangat beragam ada, jambu, pisang, jeruk, melon, semangka dan banyak lainnya. Kandungan vitamin dan mineralnya dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Penelitian tahun 2010 dan telah tercatat dalam Dietary Guidelines of America menyebutkan setiap harinya orang wajib makan buah segar sebanyak 1,5 hingga 2 cangkir atau sekitar 200 gram. Namun jumlahnya harus disesuaikan dengan jumlah kalori per hari sesuai berat badan, jenis kelamin dan umur.

Misalnya pada wanita usia 19 hingga 50 tahun, harus mengkonsumsi 7-8 porsi perhari. Sedangkan untuk pria harus mengkonsumsi 8-10 porsi perhari. Jika yang berumur diatas 50 tahun, pria dan wanita harus mengkonsumsi 7 porsi buah dan sayuran perhari.

Buah dapat melawan kanker, obesitas dan penyakit jantung. Kandungan gula dan cairannya yang alami dapat membantu mencegah dehidrasi. Makanan kaya serat ini dapat melancarkan buang air besar dan menurunkan berat badan. Untuk mengkonsumsinya bisa dimakan segar atau dibuat jus.

Jika ingin menyertakan buah pada menu, sebaiknya makan buah sekitar empat porsi sehari. Bisa dimakan saat sarapan, makan siang, camilan sore dan malam hari. Sebaiknya hindari buah kalengan, karena mengandung pengawet dan tambahan gula buatan.

0 Response to "Ingin Tetap Sehat dan Bugar? Wajib Makan Buah Segar!"

Posting Komentar