Jantung Ingin Sehat? Makanlah Ubi dan Jeruk!

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Salah satu sebabnya karena mengonsumsi makanan mengandung kolesterol. Karenanya mulai banyak mengonsumsi makanan segar dan sehat bisa menjadi langkah pengurangan risiko.

Memilih makanan sehat juga termasuk gaya hidup. Banyak jenis makanan sehat yang bisa dikonsumi sebagi upaya mengurangi konsumsi lemak jenuh. Berikut ini daftar makanan yang dapat melindungi jantung agar tetap sehat.

1. Kedelai hitam
Kedelai hitam kaya akan asam folat, antioksidan dan magnesium.Baik untuk menurunkan tekanan darah, gula darah dan kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Jika mengonsumsi kedelai kalengan, buang airnya dan cuci hingga bersih untuk mengurangi kandungan sodiumnya.

2. Salmon dan tuna
Kedua ikan laut ini mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Walnut
Walnut merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah arteri. Tambahkan walnut pada salad, sup, kue atau camilan.

4. Jeruk
Banyak mengandung vitamin C dan potassium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Antoksidan Hesperidin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Ubi jalar
Ubi yang manis legit dan empuk ini banyak mengandung vitamin A, serat dan likopen. Makanan sehat dan murah ini akan melindungi jantung.

6. Cabai bubuk
Siapa sangka, bumbu yang sederhana yang banyak dikonsumsi orang Asia ini ternyata ampuh melindungi jantung dan mencegah diabetes. Rempah yang pedas dan panas ini mampu mengontrol hormon insulin dalam tubuh.
 
 
Sumber : detikfood.com

0 Response to "Jantung Ingin Sehat? Makanlah Ubi dan Jeruk!"

Posting Komentar