Teh Hijau Dipercaya Perkuat Daya Ingat

Anda tergolong sebagai seorang pelupa? Cobalah mengonsumsi teh hijau, sebab minuman tersebut dipercaya oleh sejumlah ilmuwan mampu menambah daya ingat.

Menurut mereka, teh hijau baik untuk otak. Karena sifat kimia pada teh hijau dapat mempengaruhi produksi sel-sel otak, yang dapat meningkatkan memori dan menambah kemampuan spasial atau hal yang berhubungan dengan gambar.

“Teh hijau adalah minuman populer di seluruh dunia,” kata Yun Bai, profesor dari Universitas Kesehatan Militer III, Chongqing, Cina, baru-baru ini.

“Telah ada banyak perhatian ilmiah tentang penggunaannya dalam membantu mencegah penyakit kardiovaskuler, tapi sekarang ada bukti yang muncul bahwa sifat kimianya dapat mempengaruhi mekanisme seluler di otak,” tambahnya.

Yun bersama timnya bertugas meneliti bahan kimia organik EGCG, (epigallocatechin-3 gallate) yang merupakan zat utama pada teh hijau. Kemudian mereka menemukan bahwa EGCG merupakan antioksidan, dan percaya bahwa zat tersebut memiliki efek menguntungkan terhadap penyakit degeneratif.

“Kami menyimpulkan bahwa EGCG dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan mempengaruhi generasi sel neuron, suatu proses yang dikenal sebagai neurogenesis,” kata Yun.
Laman Zeenews Jumat (7/9) pun mewartakan bahwa penelitian tersebut berlanjut pada hippocampus, bagian dari otak yang memproses informasi dari jangka pendek ke memori jangka panjang.

Kemudian tim menemukan bahwa ECGC bekerja dengan meningkatkan produksi sel-sel progenitor saraf, sehingga sel-sel induk dapat beradaptasi atau membedakan diri menjadi berbagai jenis sel. Lalu mereka menggunakan hewan percobaan untuk mengetahui peningkatan produksi sel, yang dapat memberikan keuntungan bagi memori atau pembelajaran spasial.

“Kami melakukan tes pada dua kelompok tikus, salah satu yang telah menyerap ECGC dan kelompok kontrol (tanpa ECGC),” kata Yun.

Yun pun memaparkan. “Pertama-tama tikus dilatih selama tiga hari untuk menemukan jalan dalam labirin mereka. Kemudian mereka dilatih selama enam hari untuk menemukan jalan yang tersembunyi.”
Kemudian. imbuh dia, tim menemukan tikus yang disuntikkan ECGC hanya memerlukan sedikit waktu untuk menemukan jalan tersembunyi. Sementara yang lainnya membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan jalan tersebut. Mereka menyimpulkan bahwa EGCG dapat meningkatkan proses pembelajaran pengenalan objek dan memori spasial, serta mampu meningkatkan daya ingat.


Sumber : http://mersifm.com

0 Response to "Teh Hijau Dipercaya Perkuat Daya Ingat"

Posting Komentar