Tak Usah Ngoyo, Kerja Tanpa Jeda Bikin Darah Membeku

Sebagian orang menganggap pekerjaan adalah segalanya sehingga mereka akan cenderung menjadi workaholic atau gila kerja. Jika mereka merasa mampu mengerjakan segala tugas yang diberikan atasan, mereka takkan kenal istirahat hingga pekerjaan itu selesai sesuai target.

Padahal bekerja tanpa jeda dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Hal ini diamini sebuah studi baru yang memperkirakan ada 10 orang dalam sehari yang menderita pembekuan darah akibat makin menjamurnya kebiasaan makan siang di atas meja kerja.

75 persen pekerja kantoran yang berusia antara 21-30 tahun dan bekerja selama 10 jam perhari dan tidak beranjak dari meja kerjanya untuk istirahat makan siang, padahal kebiasaan buruk itu akan meningkatkan risikonya terserang deep vein thrombosis (DVT) atau pembekuan darah di dalam pembuluh vena.

Data terbaru juga mengungkapkan bahwa jumlah penderita DVT yang berusia di bawah 40 tahun meningkat tajam dengan 94 penderita meninggal dunia pada tahun 2010 atau naik sebesar 40 persen dari 40 korban meninggal pada tahun 2007. DVT yang mengakibatkan kematian diakibatkan karena pembekuan darahnya menyebar hingga ke paru-paru.

"Padahal kita semua melakukannya, di tengah jam kerja yang panjang dan kita memilih untuk makan roti isi di meja kerja saja," ungkap Annya Stephens-Boal dari lembaga amal DVT, Lifeblood seperti dilansir dari zeenews, Jumat (12/10/2012).

Stephens-Boal pun mengaku takut sebenarnya ada lebih banyak kasus DVT, terutama pada pekerja kantoran yang tak pernah terdeteksi.

Menurut para pakar, cara terbaik untuk menghindari DVT adalah terus bergerak atau rutin melakukan latihan fisik, diet atau menurunkan berat badan, berhenti merokok serta makan makanan yang rendah garam dan lemak.


Sumber : detikhealth.com

0 Response to "Tak Usah Ngoyo, Kerja Tanpa Jeda Bikin Darah Membeku"

Posting Komentar