Tips Membeli Nanas yang Manis & Segar

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak disukai karena rasanya manisasm segar dan banyak mengandung air. Tidak semua jenis nanas asam. Karenanya saat membeli nanas segar di toko buah dan pasar swalayan ada beberapa hal yang perlu dicermati.

Nanas merupakan salah satu buah buah non klimakteri atau jenis buah yang jika disimpanlama kelamaan rasanya semakin asam. Jika tak ingin mendapatkan buah nanas yang manis segar, ikuti tips dari Sobir, PhD, selaku Kepala Pusat Kajian Buah Tropis, dari Institut Pertanian Bogor saat peluncuran Nanas Honi dari Sunpride.

1.Kulit
Hal utama yang bisa diamati adalah penampilan buahnya. Jika kulitnya terlihat keriput bisa jadi rasanya sudah berubah menjadi lebih asam. Karena buah nanas merupakan buah non klimakteri yang makin lama makin asam.

2.Aroma
Kesegaran buah nanas bisa ditandai dengan aromanya yang dapat tercium jelas. Semakin lama nanas disimpan, aroma khasnya akan semakin hilang.

3. Mahkota Buah
Mahkota nanas disebut juga dengan tunas batang atau tunas buah. Berupa daun dengan sudut runcing dan berwarna hijau. Jika mahkotanya layu atau berubah warna, menandakan kualitas buah sudah berkurang atau tidak segar lagi.

4. Mata Buah Nanas
Mata pada buah nanas terbilang banyak yang menutupi seluruh bagian buah. Warnanya kecokelatan dan condong ke dalam. Jika matanya terlihat mengilat, berarti buah nanas yang dijual masih segar.

0 Response to "Tips Membeli Nanas yang Manis & Segar"

Posting Komentar