Amin Jaya Anggarkan Sendiri Mobil Ambulance

Amin Jaya - Kemandirian desa Amin Jaya, Kecamatan Pangkalan Banteng dalam hal bidang kesehatan patut diapresiasi. Tanpa berharap bantuan dari pemerintah daerah, Desa Amin Jaya melakukan pengadaan sendiri mobil ambulance. Pembelian mobil yang akan membantu pelayanan kesehatan masyarakat murni bersumber dari pendapatan asli desa (PAD) setempat.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PSDMK), Arif Susanto mengapresiasi gerakan fast respons Desa Amin Jaya. Menurutnya apa yang dilakukan sangat mendukung program desa tanggap darurat kesehatan desa (Desa Siaga). “Setiap desa yang mempunyai ambulance baru selalu saya gaungkan ke desa-desa lain agar mereka termotivasi untuk segera mewujudkan desa siaga diwilayahnya,” ujar Arif Susanto.

Sementara Kepala Desa Amin Jaya Almanriannsyah menjelaskan ambulance desa nantinya akan menjadi alat transfortasi dalam rangka melaksanakan siaga kesehatan ibu dan anak serta siaga penyakit di desa siaga. Ambulance desa ini digunakan untuk membawa pasien sakit ke puskesmas atau pasien dalam keadaan darurat ke Rumah Sakit Umum. “Diharapkan dengan adanya ambulance ini warga Amin Jaya bisa lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ucap Almanriansyah.

Sekretaris Desa Amin Jaya, Sahlan menambahkan pengadaan ambulance ini murni dari desa yang anggarannya didapat dari Pendapatan Asli Desa (PAD). Ambulance ini dibeli seharga Rp 120 juta, dimana Rp 100 juta dari dana PAD dan Rp 20 jutanya dari dana alokasi dana desa (ADD). “Mobil ini memang bukan mobil baru, namun kondisinya masih representative,” kata Sahlan.


Sumber : www.radarsampit.net

0 Response to "Amin Jaya Anggarkan Sendiri Mobil Ambulance"

Posting Komentar