Cegah Penyakit Saraf , Tambah Asupan Vitamin D

Pangkalan Bun - Semakin banyak penelitian menunjukkan manfaat pemenuhan kebutuhan vitamin D terhadap kesehatan. Kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam darah juga diketahui dapat mengurangi risiko penyakit saraf multiple sclerosis.

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit saraf kronis yang disebabkan oleh kerusakan selubung mielin, penutup pelindung yang mengelilingi sel-sel saraf. Ketika selubung tersebut mengalami kerusakan, maka impuls saraf diperlambat atau dihentikan. MS adalah penyakit progresif, yang berarti kerusakan saraf dapat memburuk dari waktu ke waktu.

Kerusakan saraf ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi ketika sel-sel kekebalan tubuh berbalik menyerang sistem saraf. Peradangan tersebut dapat terjadi di sepanjang daerah dari otak hingga ke sumsum tulang belakang.

Para peneliti belum mengetahui secara pasti apa yang memicu peradangan, tetapi diduga disebabkan karena metabolisme tembaga yang abnormal, efek radiasi kosmik, pengaruh lingkungan, genetika atau reaksi autoimun.

Seberapa cepat memburuknya MS sangat bervariasi dari orang ke orang. Penyakit ini umumnya terjadi pada pada orang dewasa muda antara usia 30-40 tahun dan perempuan diketahui lebih rentan terhadap MS dibandingkan laki-laki.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Swedia melaporkan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi dalam darahnya, memiliki risiko yang lebih rendah terhadap multiple sclerosis. Hasil studi tersebut diterbitkan dalam jurnal Neurology edisi 20 November, seperti dilansir Emax, Rabu (28/11/2012).

Peneliti mengumpulkan sampel darah dari 164.000 orang di Swedia bagian utara sejak tahun 1975. Kemudian peneliti mengukur kadar vitamin D dari sampel darah tersebut untuk mengetahui keterkaitan antara kadar vitamin D dalam tubuh dengan risiko seseorang terhadap MS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko MS hingga 39 persen. Untuk mengurangi risiko multiple sclerosis, Anda perlu meningkatkan asupan vitamin D yang dapat Anda peroleh secara alami melalui sinar matahari, atau dengan mengambil suplemen vitamin D.

MS akan semakin buruk jika Anda mengalami demam, mandi air panas, dan stres. Penyakit ini dapat terus memburuk tanpa periode remisi karena mungkin kerusakan telah menyebar di sumsum otak atau tulang belakang. Cegahlah sebelum penyakit ini berkembang, karena penyakit ini dapat menyerang siapapun termasuk Anda.

0 Response to "Cegah Penyakit Saraf , Tambah Asupan Vitamin D"

Posting Komentar