Menjaga Kesehatan Mata Ketika Menggunakan Komputer

Pangkalan Bun - Pernahkah kamu menghitung berapa kalikah kamu mengedipkan mata dalam semenit? Ternyata, kedipan normal mata terjadi sekitar 12 kali per menit. Sebuah penelitian di Amerika Serikat pernah memberikan bukti bahwa pengguna komputer ternyata lebih jarang mengedipkan mata dibanding kedipan normal mata. Pengguna komputer rata-rata hanya 5 kali berkedip per menit saat menggunakan komputer. Padahal,mengedipkan mata ini sangat penting untuk mengurangi resiko mengalami mata kering.
 
Semakin lama mata terbuka terus menerus akan semakin tinggi kemungkinan kornea mata untuk mengalami dehidrasi. Hal ini mengakibatkan mata pengguna komputer merasa panas atau sakit. Kelopak mata terasa seperti ada pasir sehingga kelopak mata terasa berat. 

Apabila si pengguna komputer mengalami hal tersebut, para ahli menganjurkan untuk menggunakan obat tetes mata dan menghindari penggunaan lensa kontak atau kacamata saat bekerja di depan komputer karena dapat mengurangi aliran udara di sekitar bola mata. Pada ruangan ber-AC, kelembaban udara umumnya menurun sehingga kondisi lingkungan yang kering akan meningkatkan penguapan air mata serta membuat pengguna lensa kontak akan lebih mudah mengalami iritasi.

0 Response to "Menjaga Kesehatan Mata Ketika Menggunakan Komputer"

Posting Komentar