Olahraga 21 Menit Tiap Hari, Umur Bisa Lebih Panjang 7,2 Tahun

Pangkalan bun - Olahraga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesejahteraan psikologis dan menurunkan risiko kematian. Studi terbaru menunjukkan bahwa olahraga dapat menambah usia harapan hidup seseorang hingga beberapa tahun.

Para peneliti dari Brigham and Women's Hospital dan National Cancer Institute melakukan penelitian untuk mengetahui manfaat olahraga terhadap kelangsungan hidup seseorang. Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal PLoS Medicine.

Peneliti mengkaji data penelitian terhadap 650.000 peserta selama 10 tahun masa studi, untuk menentukan hubungan antara berbagai tingkat aktivitas mingguan peserta dengan risiko kematian. Data mencatat bahwa terjadi sekitar 82.000 kasus kematian selama masa studi.

Dari data tersebut, peneliti dapat menganalisa seberapa banyak manfaat aktivitas fisik mingguan terhadap penambahan usia hidup seseorang. Orang yang berolahraga selama 75 menit per minggu, baik itu olahraga sedang hingga berat, memiliki risiko 19 persen lebih rendah terhadap kematian dini.

Para peneliti menghitung bahwa hal ini setara dengan menambahkan usia harapan hidup seseorang hingga 1,8 tahun, dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga sama sekali.

Secara umum orang-orang yang berolahraga hingga 150 menit per minggu, sesuai yang disarankan para ahli, dapat menambah usia harapan hidup hingga sekitar 3,4 tahun. Sedangkan seseorang yang berolahraga hingga 450 menit per minggu, usia harapan hidupnya bertambah hingga sekitar 4,5 tahun.

Temuan ini berlaku untuk semua orang dan tidak membedakan jenis kelamin, bentuk tubuh, atau ras. Baik orang gemuk maupun orang kurus sama-sama dapat memperoleh manfaat baik berolahraga yang dapat memperpanjang umur. Tetapi keuntungan yang paling besar didapatkan oleh orang-orang yang memiliki berat badan normal dan aktif berolahraga.

Yang lebih mendapatkan manfaat adalah mereka yang memiliki berat badan normal. Sebab dengan berolahraga sekitar 150 menit per minggu atau sekitar 21 menit setiap harinya, bisa menambah usia harapan hidup hingga sekitar 7,2 tahun, dibandingkan dengan orang-orang obesitas yang tidak aktif.

Hasil studi ini membantu meyakinkan bahwa olahraga sangat terkait dengan harapan hidup. Oleh karena itu, jangan malas berolahraga dan tingkatkan frekuensi olahraga Anda setiap minggunya.


Sumber : detikhealth.com

0 Response to "Olahraga 21 Menit Tiap Hari, Umur Bisa Lebih Panjang 7,2 Tahun"

Posting Komentar