Perhatikan 6 Hal Ini Saat Merawat Bayi Baru Lahir

Pangkalan Bun - Anda baru saja menjadi orang tua karena bayi pertama baru saja lahir? Menjadi orang tua baru tentu menjadi pengalaman hebat. Nah, untuk merawat bayi yang baru lahir tentu harus ekstra hati-hati. Ada hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Berikut ini 6 hal yang harus Anda perhatikan saat merawat bayi yang baru lahir, seperti disampaikan Dr Shilpa Mittal yang merupakan pakar gizi, konsultan diet, dan pendiri Nutrilife Health Management, dan dikutip healthmeup, Jumat (30/11/2012):

1. Rentan Infeksi

Bayi yang masih sangat kecil sangat rentan terkena berbagai macam infeksi karena sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang. Karena itu sebelum dekat-dekat atau memegang bayi, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun atau sanitizer.

2. Bayi Itu Sangat Lemah

Bayi yang baru lahir adalah makhluk yang sangat lemah dan memiliki tulang punggung yang mudah patah lantaran sumsum tulang belakangnya belum benar-benar berkembang. Karena itu hati-hatilah saat mengangkat kepala dan leher bayi. Pegang baik-baik kepala bayi saat akan mengangkat atau menidurkannya di kasur.

3. Jangan Guncang Bayi Saat Membangunkannya

Jika Anda ingin membangunkan bayi, jangan pernah mengguncang badannya. Mengguncang bayi yang baru lahir dengan alasan bercanda atau alasan lainnya bisa menyebabkan perdarahan di kepala yang bisa fatal.

4. Pastikan Bayi Anda Aman di Kursi Mobil

Saat akan mengajak bayi bepergian pastikan si kecil berada di kursi mobil dalam keadaan aman. Di manapun Anda meletakkan si kecil, pastikan bayi tidak berguncang-guncang. Karena guncangan bisa menyebabkan cedera.

5. Jangan Melempar Bayi ke Udara

Sering dijumpai orang dewasa yang melempar-lempar bayi ke udara untuk mengajaknya bermain. Mungkin bayi akan tertawa-tawa tapi memegang bayi dengan kasar bisa mengakibatkan hal yang fatal. Karena itu pastikan untuk tidak bermain-main dengan cara yang 'kasar' kecuali jika bayi Anda sudah cukup besar. Hal itu untuk menghindari luka dan cedera dalam tubuh.

6. Minta Bantuan pada yang Berpengalaman

Merawat bayi yang baru lahir tentu membutuhkan perhatian dan keahlian. Jika Anda belum berpengalaman maka ajaklah ibu Anda yang lebih berpengalaman untuk membantu Anda merawat si kecil. Dokter Anda juga merupakan sumber informasi terbaik untuk membantu Anda merawat bayi. 


Sumber : health.detik.com

0 Response to "Perhatikan 6 Hal Ini Saat Merawat Bayi Baru Lahir"

Posting Komentar