5 Cara Mencegah Diabetes

pangkalan bun - Mencegah diabetes merupakan langkah awal yang harus dilakukan jika tidak mau terkena penyakit diabetes. Diabetes sering dikenal di Indonesia sebagai penyakit kencing manis karana diabetes berhubungan dengan gula darah, diabetes sendiri merupakan peyakit yang tidak bisa sembuh total sehinga sebelum terkena penyakit diabetes alangkah baiknya kita mencegah penyakit diabets sebelum kita menderita penyakit ini. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakuka untuk mencegah diabetes ingin tahu cara seperti apa itu simak 5 Cara Mencegah Diabetes berikut ini.

1. Berolahraga secara teratur
Faktor utama dari diabetes adalah naiknya kadar gula darah. Hal ini umumnya disebabkan metabolisme tubuh yang rendah, sehingga terjadi peningkatan kadar glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, rajinlah berolahraga untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Hindari lemak trans
Banyak penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung lemak trans, seperti burger dan keripik kentang, berkontribusi terhadap diabetes. Selain itu, kadar lemak trans yang tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan masalah jantung.

3. Hindari karbohidrat olahan
Karbohidrat olahan sering ditemukan dalam makanan manis, seperti permen dan sereal kering, yang mendorong kenaikan berat badan. Nah, kenaikan berat badan itulah yang pada akhirnya menyebabkan diabetes.

4. Makanan kaya serat
Sayuran berdaun hijau sangat kaya akan serat. Makanan berserat tinggi membantu tubuh melepas glukosa secara perlahan yang pada gilirannya akan mencegah peningkatan kadar glukosa darah.

5. Jangan terlalu sering minum teh atau kopi
Orang yang minum lebih dari 4 cangkir kopi atau teh setiap hari memiliki risiko menderita diabetes. Oleh karena itu, jagalah asupan harian Anda dari teh atau kopi. Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah diabetes. Mencegah masih lebih baik daripada harus mengobati diabetes.

0 Response to "5 Cara Mencegah Diabetes"

Posting Komentar