Anak Radang Tenggorokan? Berikan Makanan Ini!

pangkalan bun - Radang tenggorokan sering dialami anak saat musim pancaroba. Selain rasa sakit, dan demam, rewel sering mengiringi penyakit ini. Makanan tetap harus diberikan agar daya tahan tubuhnya tetap kuat dan cepat pulih. Kalau si kecil rewel, asupan makanan ini bisa Anda berikan.

Umumnya flu pada si kecil juga diiringi demam dan radang tenggorokan. Jangan panik jika si kecil menolak makan dan minum. Ini karena mulutnya terasa pahit dan badannya kurang nyaman. Agar asupan nutrisi tercukupi dan tetap terhidrasi, cobalah berikan makanan dan minuman ini.

1.Jus Buah
Meski menolak makan dan minum karena rasa sakit di tenggorokan, usahakan agar tetap mendapatkan cairan yang cukup. Jus buah segar yang tidak asam seperti jus pepaya, semangka, melon atau alpukat bisa diberikan sedikit-sedikit. Gunakan sedotan agar tidak terlalu sulit ditelan.

2.Susu
Usahakan agar asupan susu per harinya tetap terpenuhi. Susu bisa diberikan hangat dalam bentuk susu murni atau susu cokelat. Berikan secara bertahap jika si kecil belum mau meminumnya sekaligus karena bisa memicu muntah. Nutrisi pada susu sangat baik untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

3.Sup
Jika menolak makan yang bertekstur keras, berikan sup yang lengkap isinya. Bisa dari ayam atau daging sapi yang dicincang halus. Cincang kecil kentang, wortel atau buncis yang jadi isiannya agar mudah ditelan. Atau buatlah sup krim dari jagung, labu atau kacang polong yang mudah ditelan.

4.Makanan lunak
Bubur nasi, yoghurt buah, puding, biskuit, telur rebus atau orak-arik bisa diberikan untuk mencukupi asupan harian nutrisinya. Cobalah berikan sedikit-sedikit agar tidak menimbulkan rasa nyeri di tenggorokannya. Hindari makanan yang keras dan rasanya asam agar tidak sakit saat ditelan.

 

0 Response to "Anak Radang Tenggorokan? Berikan Makanan Ini!"

Posting Komentar