Indonesia Gagal Melaju ke Semifinal AFF 2012

pangkalan bun - Timnas Indonesia akhirnya gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2012 setelah menelan kekalahan 0-2 dari Malaysia, Sabtu 1 Desember 2012. Pasalnya, Singapura berhasil menyalip Indonesia yang menang dramatis atas Laos.

Bermain di Stadion Nasional Bukit Jalil, Indonesia sempat membahayakan gawang Malaysia pada awal-awal babak pertama. Irfan Bachdim, Samsul Arif Munip dan Elie Aiboy sempat membuat peluang.

Namun, gawang timnas malah harus bobol dua kali dalam empat menit saja. Mohamad Azamuddin dan Mahali Jasuli berhasil mengoyak gawang Wahyu Tri Nugroho.

Di babak kedua, Indonesia masih belum bisa memperbaiki koordinasi permainan. Ngotot menyerang, pertahanan timnas malah sering kerepotan menghalau kecepatan serangan balik lawan. Beruntung, pemain-pemain Harimau Malaya masih gagal manfaatkan peluang.

Garuda coba tampil lebih ofensif dengan menitikberatkan serangan pada Andik Vermansyah. Berkali-kali pemain mungil itu bekerja keras membongkar pertahanan lawan. Masuknya Jhonny Van Beukering pun tak banyak berpengaruh.

Skor 2-0 pun akhirnya bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang. Irfan, Novan Setya dan beberapa pemain Indonesia lainnya tampak lemas usai laga saat mengetahui peluang ke semifinal telah sirna.

Pasalnya, pada laga di Stadion Syah Alam Singapura sukses menekuk Laos 4-3. Sempat tertinggal 0-2 lebih dulu, empat gol berhasil diberondong The Lions ke gawang Laos.

Dengan hasil ini, Singapura dan Malaysia akhirnya berhak lolos ke babak semifinal. Kedua tim sebenarnya sama-sama mengoleksi poin enam namun selisih gol The Lions unggul satu gol saja atas Malaysia.

Indonesia sendiri harus puas berada di peringkat tiga dengan total poin empat hasil satu kali menang, satu imbang dan sekali kalah. Laos membuntuti di posisi buncit dengan 1 poin.

Ini adalah kedua kalinya Indonesia gagal lolos ke empat besar dalam sejarah turnamen sepakbola terbesar Asia Tenggara tersebut. Sebelumnya, Garuda juga sempat gagal total pada Piala AFF 2007.

Susunan Pemain:
Malaysia:
Farizal (GK), Mahalli, Zubir, Aidil, Safiq (C), Norshahrul (Amar 67'), Safee, Azamuddin (Fakri 65'), Shakir Shaari (Gary 40'), Wan Zack, Fadhli Shas

Indonesia: Wahyu Tri Nugroho (GK), Raphael, Novan, Nopendi, Fachruddin, Taufiq, Elie  Aiboy (C) (Andik 30'), Samsul (Beukering 63'), Irfan, Oktovianus (Cusell 58'), Vendry.



0 Response to "Indonesia Gagal Melaju ke Semifinal AFF 2012"

Posting Komentar