Inilah Nutrisi Penting Untuk Daya Konsentrasi Anak!

pangkalan bun - Anak yang cerdas dan kreatif tentu jadi dambaan tiap orangtua. Untuk mendukung perkembangan otak dan daya pikir si kecil perlu diberi asupan nutrisi yang tepat. Sejak dini makanan yang bernutrisi penting untuk otak perlu diberikan secara teratur.

Dalam acara Media Gathering Mead Johnson Nutrition (29/11/2012), Dr. Dwi Putro Widodo selaku Doktor Bidang Ilmu Kedokteran FKUI memaparkan beberapa jenis nutrisi penting untuk perkembangan otak anak. Inilah lima makanan yang penting untuknya.

1. Asam lemak tak jenuh
Selain ikan tenggiri dan tuna, asam lemak tak jenuh juga banyak terdapat dalam ASI. Selain itu juga ada pada sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli dan caisim, juga pada minyak nabati. Asam lemak ini bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak si kecil.

2. Kalori dan protein
Kalori dan protein sangat dibutuhkan si kecil dalam menunjang kegiatannya. Karena itu berikan selalu daging sapi, daging ayam, ikan, telur dan minyak ikan. Untuk pilihan jenis protein nabatinya bisa diberikan tempe dan tahu.

3. Seng
Seng merupakan zat gizi esensial. Banyak terdapat dalam daging, hati ayam, seafood, susu, kacang-kacangan dan biji-bijian. Agar kebutuhannya terpenuhi berikan jenis makanan ini setiap hari. Mineral ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh juga meningkatkan nafsu makan anak.

4. Zat Besi
Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikan makanan sumber zat besi seperti daging merah, telur, ikan, padi, gandum dan sayuran pada anak setiap hari secara teratur.

5. Vitamin B
Untuk meningkatkan daya konsentrasi dan memorinya, makanan sumber vitamin B juga dibutuhkan. Banyak terdapat pada nasi, gandum, kacang-kacangan, ikan, daging tanpa lemak dan aneka sayur-sayuran.


Sumber : detikfood.com




0 Response to "Inilah Nutrisi Penting Untuk Daya Konsentrasi Anak!"

Posting Komentar