Menjaga Kualitas Tidur Selama Libur

pangkalan bun - Mentang-mentang libur, banyak orang malah kurang tidur. Padahal, libur adalah kesempatan untuk istirahat termasuk mengembalikan pola tidur yang mungkin berantakan di hari kerja. Ikuti cara ini untuk menjaga kualitas tidur saat libur.

Seperti disampaikan oleh Dr James Maas, ahli kesehatan tidur dari Cornell University dan dikutip dari Foxnews, Senin (24/12/2012), berikut ini cara-cara untuk menjaga dan memperbaiki kualitas tidur selama libur.

1. Baca buku saat susah tidur
Susah tidur adalah musuh utama bahgi yang ingin menjaga kualitas tidurnya. Jangan ada kompromi, langsung cari cara untuk mengatasinya. Salah satunya menurut Dr Maas adalah dengan membaca buku. Tentunya bukan buku bacaan serius seperti laporan keuangan perusahaan. Cari saja bacaan santai yang membuat otak lebih rileks sebelum akhirnya mengantuk.

2. Hindari mengubah jadwal tidur
Meski tidak ada kewajiban untuk bangun pagi-pagi keesokan harinya, sebaiknya tidak perlu bergadang sampai malam kalau sehari-hari tidak punya kebiasaan seperti itu. Mengubah pola tidur secara drastis hanya akan mengacaukan jam biologis sehingga tubuh membutuhkan penyesuaian diri lagi saat harus kembali ke rutinitas awal.

3. Hindari kopi dan alkohol 3 jam sebelum tidur
Beberapa orang terbiasa minum alkohol untuk membuat matanya cepat mengantuk. Cukup efektif memang, tetapi hal ini justru akan mengganggu tidur karena akan terbangun setiap 90 menit sekali.

"Alkohol akan merusak fase REM (Rapid Eye Movement) saat tidur. Di fase inilah, 85 persen mimpi terbentuk sehingga fase ini penting bagi daya ingat," kata Dr Maas. Efek merusak Fase REM juga bisa muncul akibat minum kopi, yang jelas-jelas telah diketahui bisa membuat orang susah tidur.

4. Hindari TV dan komputer 1 jam sebelum tidur
Browsing-browsing mencari destinasi wisata memang penting untuk mengisi waktu liburan. Tapi sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur, terutama sekitar 1 jam sebelumnya. Layar monitor, seperti halnya layar TV memancarkan gelombang biru yang dianggap oleh tubuh sebagai sinyal untuk terbangun. Sama efeknya seperti alkohol, cahaya biru dari layar TV dan monitor akan membuat tidur tidak nyenyak.

0 Response to "Menjaga Kualitas Tidur Selama Libur"

Posting Komentar