Minum Nikmat, Gigi Tetap Sehat

kotawaringin barat - Setiap orang tentunya mendambakan senyum yang indah dan gigi yang sehat dan bersih. Seiring dengan perkembangkan gaya hidup dan faktor makanan atau minuman yang semakin beragam, kita sepertinya semakin dihantui akan kerusakan gigi yang lebih cepat akibat banyaknya makanan/minuman yang sering dihubungkan sebagai penyebab kerusakan pada gigi. Benarkah demikian? Apa yang sebenarnya terjadi pada mulut dan gigi kita ketika meneguk sebotol minuman manis misalnya ?

Di dalam mulut, makanan/minuman yang mengandung gula serta zat pati (karbohidrat yang terfermentasi), termasuk minuman berpemanis gula, akan bertemu dengan sejumlah bakteri natural di mulut. Ketika bertemu, maka keduanya akan menghasilkan zat asam. Apabila kita tidak menjaga kebersihan gigi kita, maka lama kelamaan zat asam yang dihasilkan akan menggangu lapisan enamel gigi.

Tapi untungnya mulut kita telah mempersiapkan sebuah mekanisme pertahanan, yakni air liur (Saliva). Air liur diproduksi secara natural di dalam mulut dan akan menetralkan tingkat keasaman mulut, yang akhirnya secara drastis akan mengurangi efek asam terhadap lapisan enamel gigi.

Jadi apakah kebiasaan makan atau minum kita bisa membuat kita tetap tersenyum dengan gigi yang indah? Jawabnya Ya. Para pakar di dunia setuju bahwa penggunaan flouride  dalam pasta gigi serta antiseptik, disertai perawatan muluty yang baik, seperti pemeriksaan gigi teratur merupakan hal utama yang dapat menjaga agar gigi tetap sehat. (sumber: International Life Sciences Institute in the publication of Oral and Dental health of Dental Caries Prevention, Erosion, Gingivitis and Periodontitis, 2009).

Jadi, Tidak ada satu jenis makanan atau minuman yang dapat disalahkan sebagai penyebab tunggal kerusakan gigi. Semua kembali bagaimana kita menjalankan prilaku menjaga kesehatan mulut dengan baik. Setiap minuman yang memiliki kadar asam dan manis seperti sirop, jus, dan minuman bersoda berpotensi mengganggu kesehatan gigi, jika tidak didukung oleh upaya untuk menjaga kesehatan gigi.

Erosi Gigi
Erosi ini adalah kondisi hilangnya mineral dari enamel gigi akibat sering terkena zat-zat asam disebut Erosi gigi. Zat asam dapat berasal dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi, termasuk jus, minuman berkarbonasi, wine, cuka, acar dan buah jeruk atau bisa jadi dari aliran asam lambung yang naik ke mulut.Erosi gigi tidak ada hubungannya dengan pembusukan gigi yang diakibatkan oleh kegiatan bakteri di dalam mulut.

Setiap makanan atau minuman dengan kandungan asam yang tinggi dapat mengakibatkan erosi gigi apabila dikonsumsi terlalu sering, atau apabila dibiarkan berada di mulut dalam waktu yang lama. Meskipun ada banyak minuman bersoda yang bersifat asam, kandungan asam di dalamnya sama dengan yang terdapat dalam banyak jus buah seperti jus jeruk, apel dan anggur. Namun demikian, kita dapat mengunakan sedotan ketika meminum minuman yang asam untuk mencegah erosi gigi ini.

Beberapa tips untuk gigi sehat yang dikeluarkan oleh American Dental Association. Diantaranya:
  • Sikat gigi dua kali sehari
  • Bersihkan sela gigi setiap hari menggunakan dental floss
  • Konsumsi pola makan yang seimbang dan batasi kudapan di sela-sela jam makan
  • Cek kesehatan gigi ke doket gigi secara teratur.

0 Response to "Minum Nikmat, Gigi Tetap Sehat"

Posting Komentar