Sayur dan Keju, Camilan Agar Anak Tidak Kegemukan

pangkalan bun - Ngemil memberikan kontribusi yang besar terhadap masalah obesitas. Kebanyakan anak memilih camilan yang berlemak dan tidak mengenyangkan sehingga memicu untuk makan berlebihan. Pilihan camilan seperti keju yang digabungkan dengan sayuran mungkin akan membantu mencegah obesitas.

Masalahnya bukan hanya terletak pada berapa kali anak-anak ngemil setiap harinya, tetapi juga pilihan makanan ringan yang dimakannya. Camilan seperti keripik kentang sarat akan lemak, tidak menimbulkan efek mengenyangkan dan meningkatkan nafsu makan.

Dalam sebuah studi terbaru yang dipublikasikan secara online dalam jurnal kesehatan Pediatrics, peneliti dari Food and Brand Lab di Cornell University merancang percobaan untuk melihat apakah anak-anak tetap akan mengonsumsi makanan berat berkalori tinggi setelah ngemil pilihan camilan yang lebih sehat.

Ngemil sayuran mungkin kurang menarik bagi anak jika dibandingkan dengan keripik kentang dan kue-kue manis. Tetapi dengan menggabungkan sayuran yang ditambah keju, mungkin akan membuat anak tertarik dengan pilihan camilan yang lebih sehat ini.

Penelitian ini melibatkan 102 anak SD dari kelas 3 sampai kelas 6 yang secara acak dibagi menjadi 4 kelompok sesuai jenis camilan, yaitu kelompok keripik kentang, keju, sayuran, dan kelompok terakhir adalah kelompok keju yang ditambah sayuran.

Selama masa studi, anak-anak diizinkan ngemil ketika sedang menonton TV yang biasanya memakan waktu 2 kali 45 menit acara televisi. Sebelum, selama dan setelah acara TV, masing-masing anak dievaluasi tentang sensasi penuh pada perutnya saat ngemil.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok anak yang makan keju ditambah sayuran sebagai camilan, mengonsumsi kalori 72 persen lebih sedikit dibandingkan kelompok yang makan keripik kentang. Selain itu, anak membutuhkan kalori yang lebih sedikit untuk merasa kenyang daripada anak yang makan keripik kentang.

Kesimpulan yang dapat diambil dari studi ini adalah bahwa kombinasi camilan yang terdiri dari sayuran dan keju dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengurangi asupan kalori anak-anak saat ngemil. Setelah ngemil sayuran dan keju, anak merasa cukup kenyang dan tidak makan berlebihan setelahnya.

Seperti dikutip dari emaxhealth, Kamis (20/12/2012), peneliti merekomendasi 4 hal ini untuk membantu anak mendapatkan kalori yang lebih sedikit saat ngemil:

1. Memilih jenis makanan ringan yang bergizi dan bukan menghilangkan kebiasaan ngemil.

2. Mengganti camilan yang lebih sehat seperti keripik kentang menjadi sayuran dan keju.

3. Menawarkan jumlah camilan yang lebih kecil tetapi beragam di piring, misalnya terdiri dari beberapa sayuran dan buah.

4. Mendorong anak agar lebih mampu mengontrol diri ketika ngemil dan berhenti makan ketika merasa kenyang.

0 Response to "Sayur dan Keju, Camilan Agar Anak Tidak Kegemukan"

Posting Komentar