Tak Ingin Gendut? Jangan Ngemil Setelah Jam 6 Sore!

pangkalan bun - Ngemil di malam hari sering tak bisa dihindari. Karenanya kini banyak muncul berbagai camilan sehat di malam hari. Misalnya milkshake tanpa gula, popcorn, cokelat, ataupun buah-buahan. Ternyata ngemil malam hari perlu dihindari.

Rupanya, sebuah pendapat lain diungkap oleh news.healthy.com (3/12/2012). Di tengah-tengah pro dan kontra soal ngemil di malam hari, dikatakan jika makan di malam hari berhubungan erat dengan naiknya berat badan dan obesitas. Hal ini berlaku untuk orang dari segala usia, dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Alasannya, ngemil di malam hari bisa memperlambat sistem metabolisme. Hal ini dipaparkan oleh para peneliti yang mengamati kebiasaan 11 wanita sehat. Masing-masing mengonsumsi makanan 210 kalori pada pukul 10 pagi dan jam 11 malam selama lebih dari 13 hari.

Dari penelitian tersebut disimpulkan jika makan di malam hari bisa memperburuk sistem metabolisme. Makan camilan di malam hari menurunkan oksidasi lemak atau proses perubahan lemak menjadi energi, dan juga meningkatkan kolesterol jahat atau LDL. Akibatnya, kebiasaan ini akan memicu kenaikan bobot tubuh.

Penelitian serupa juga dilakukan pada 52 responden untuk mengetahui apakah jam tidur punya korelasi dengan ngemil dan berat badan. Hasilnya, makan camilan di malam hari atau sebelum tidur bisa meningkatkan kemungkinan berat badan naik karena mengonsumsi makanan berkalori. Karenanya, disarankan untuk tidak ngemil di atas jam 6 sore.

0 Response to "Tak Ingin Gendut? Jangan Ngemil Setelah Jam 6 Sore!"

Posting Komentar