5 Kebiasaan Yang Bisa Memicu Timbulnya Jerawat

Radio Jreng, Pangkalan Bun - Jerawat merupakan musuh kulit nomor satu. Meski kebanyakan dialami oleh remaja yang sedang puber, tapi jerawat juga kerap mengganggu orang dewasa. Dan, tahukah Anda bahwa jerawat dan komeda bisa muncul karena kebiasaan sehari-hari.

Musuh utama yang dihadapi remaja yang sedang puber adalah jerawat. Walaupun tak jarang jerawat juga menyerang orang dewasa. Sebenarnya, jerawat muncul karena kebiasaan-kebiasaan buruk sehari-hari.
Menurut Dr.Ava Shamban, dermotologis dan penulis buku Heal Your Skin, kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan jerawat adalah sebagai berikut:

1. Menyentuh kulit
Jangan sering menyentuh wajah anda dengan tangan yang tidak bersih karena bisanya jerawat muncul pada daerah yang sering disentung dengan tangan seperti dagu dan pelipis, apalagi pipi.

2. Keringat
Dalam satu jam, rata-rata setiap orang menyentuh wajahnya 10-15 kali. Pada saat cuaca panas dan berkeringat frekuensinya akan meningkat. Maka jangan sekali-kali mengelap keringat dengan tangan kosong, karena sama saja anda menaruh kuman di wajah.

3. Memakai kacamata
Jangan terlalu sering memakai kaca mata, selain membuat wajah disekitar frame kaca mata berkeringat, hal tersebut juga akan menyebabkan sel kulit mati dan menyumbat pori. Maka agar jerawat tidak timbul di area tersebut, bersihkanlah secara seksama saat mencuci wajah.

4. Poni rambut
Rambut berponi memang sedang ngetren saat ini. Tapi apakah wajah anda berkeringat? bersiaplah jerawat menghampiri dahi anda. Poni rambut akan menutup pori-pori kulit sehingga bisa menimbulkan jerawat.

5. Stres
Dan yang terakhir adalan stres. Stres akan menyebabkan kadar androgen meningkat, hormon yang memicu komedo. Disamping itu stres juga akan menyebabkan pelepasan kortison dan hormon adrenalin yang akan memicu kelenjar minyak lebih aktif.

0 Response to "5 Kebiasaan Yang Bisa Memicu Timbulnya Jerawat"

Posting Komentar