6 Alasan Mengapa Anda Harus Makan Ikan!

pangkalan bun - Ada sebagian orang yang tak suka mengonsumsi ikan. Alasannya bermacam-macam, mulai dari alergi, malas membuang durinya, sampai karena tampilannya yang tak menggugah selera. Anda termasuk salah satunya? Mungkin Anda akan menyesal setelah membaca berbagai manfaat hebat dari mengonsumsi ikan berikut ini.

Dibanding daging sapi dan ayam, kalori ikan lebih rendah, namun tetap tinggi protein. Ikan juga mengandung asam lemak omega-3, kalsium, serta vitamin D dan B2. Belum lagi tambahan mineral seperti zat besi dan magnesium. Masih belum yakin akan khasiatnya? Baca penjelasan The Daily Meal (07/01/13) berikut:

1. Menurunkan risiko kanker
Asam lemak omega-3 dalam ikan dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker hingga 30-50%. Ikan juga mengandung selenium, unsur kimia yang berkhasiat melawan kanker.

2. Melawan depresi
Selain bermanfaat untuk pencegahan kanker, omega-3 juga dapat menaikkan tingkat serotonin yaitu zat dalam otak yang membantu melawan depresi.

3. Mengurangi peradangan
Siklus peradangan inflamasi dalam tubuhpun dapat diatur oleh omega-3. Dengan begitu, kondisi seperti arthritis atau radang sendi dapat dicegah dan dikurangi.

4. Untuk kesehatan kardiovaskular
Dengan mengurangi inflamasi, konsumsi ikan dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Risiko penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah jantung dan stroke juga bisa dikurangi.

 5. Mencegah dementia
Penelitian menunjukkan bahwa lansia yang mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya minimal sekali seminggu, mengalami penurunan risiko dementia, terutama penyakit alzheimer.

6. Memperbaiki penglihatan
Asam lemak dalam ikan dapat memperkuat sel membran mata dan memberikan dukungan struktural pada mata. Kualitas penglihatan pun menjadi lebih baik.

0 Response to "6 Alasan Mengapa Anda Harus Makan Ikan!"

Posting Komentar