Awas, Virus ini Menyebar Lewat Ciuman

pangkalan bun - Berciuman merupakan salah satu 'ritual' yang sering dilakukan pasangan kekasih. Aktivitas yang menyenangkan ini tidak sepenuhnya bebas penyakit, apalagi yang melibatkan pertukaran air liur. Ada sebuah penyakit yang amat rentan ditularkan lewat berciuman.

Penyakit tersebut adalah penyakit Mono atau mononukleosis akibat infeksi virus Epstein Barr. Virus ini dapat menular melalui kontak dengan air liur orang yang terinfeksi. Sebuah penelitian menemukan bahwa berciuman dapat meningkatkan risiko terserang mono.

Selain lewat ciuman, virus Epstein Barr dapat menyebar melalui batuk, bersin atau berbagi makanan. Untungnya virus ini penularannya tidak seperti virus flu. Seperti dikutip dari MyhealthNewsDaily.com, Rabu (2/1/2013), kebanyakan penderita yang terkena virus ini sebelum dewasa akan mengembangkan kekebalan terhadap virus.

Para peneliti di University of Minnesota Medical School di Minneapolis memantau 546 orang mahasiswa. Sebelum penelitian dimulai, para peneliti menguji keberadaan antibodi virus Epstein-Barr dalam darah peserta. Sekitar 63 persen positif memiliki antibodi, artinya mereka pernah mengidap mono sebelumnya.

Selama penelitian, dokter mendiagnosis 66 orang mahasiswa yang mengidap mono. Dari jumlah tersebut, sebanyak 59 orang menampakkan gejala penyakit mono. Sayangnya peneliti belum dapat mengetahui seberapa sering para peserta menampakkan gejala.

Siswa yang mengidap mono jatuh sakit selama rata-rata 17 hari, namun masih dapat menularkan virus untuk jangka waktu sekitar 5 bulan. Tingkat infeksi virus lebih tinggi saat tahun pertama kuliah, yaitu 26 kasus per 100 orang. Pada mahasiswa yang sudah 3 tahun kuliah, tingkat infeksinya 10 kasus per 100 orang per tahun.

Laporan yang dimuat Journal of Infectious Diseases menegaskan bahwa orang yang berciuman lebih mungkin terserang mono dibandingkan yang tidak berciuman atau bahkan berhubungan seks. Faktor-faktor lain yang diduga dapat meningkatkan risiko mono seperti pola makan, kebiasaan olahraga dan stres ternyata tidak terbukti mempengaruhi.

Kabar baiknya, penyakit ini tidak terlalu berbahaya. Gejala-gejala yang muncul akibat penyakit ini adalah sakit tenggorokan, kelelahan, sakit kepala, demam, nafsu makan berkurang dan pembengkakan amandel. Namun ada juga beberapa orang yang mengidap mono tanpa menunjukkan gejala.

0 Response to "Awas, Virus ini Menyebar Lewat Ciuman"

Posting Komentar