'Aturan' Diet Ini Jangan Anda Dengarkan

pangkalan bun - Diet dilakukan beberapa orang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkannya. Demi bentuk tubuh yang padat dan seksi, beberapa orang memakan mentah-mentah informasi tentang diet.

Eit, tapi jangan buru-buru percaya 'aturan' diet yang banyak beredar.

Beberapa informasi yang beredar agar diet sukses antara lain adalah dengan berpantangan mati-matian dengan karbohidrat. Karbohidrat dianggap buruk dan satu0satunya cara ampuh mengurangi berat badan adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Tapi informasi semacam ini jangan langsung Anda terima begitu saja.

Berikut ini beberapa 'aturan' diet yang tidak perlu Anda dengarkan, seperti dikutip dari Times of India, Rabu (2/1/2013):

1. Jangan Makan Setelah Pukul 18.00

Ide ini muncul karena kebanyakan orang tidur pukul 21-22.00, sehingga makan malam sebaiknya dilakukan 3 jam sebelumnya. Sebenarnya makan larut malam hampir tidak ada hubungannya dengan kenaikan berat badan. Makan larut malam lebih terkait dengan perut kembung dan gangguan pencernaan.

Tidur dalam kondisi perut penuh akan membuat tidur menjadi tidak nyaman, sebab tubuh tidak akan mengerahkan energi untuk mencerna makanan.

2. Makan Semua Makanan yang Bebas Lemak

Coba perhatikan beberapa produk makanan di sekitar Anda. Sekarang ini banyak produk makanan yang mengklaim bebas lemak, entah itu produk es krim, cokelat, maupun donat. Tapi jangan langsung menyantap semua produk itu hanya karena klaim yang dicantumkan.

Banyak makanan yang bebas lemak merupakan makanan dengan 'kalori kosong' di mana hanya mengandung kalori tanpa kandungan nutrisi maupun serat. Dengan makan makanan ini, Anda tidak akan bisa jadi lebih kurus, karena makanan tersebut tidak membuat rasa kenyang bertahan lama. Jadi kuncinya, pilihlah makanan dengan cerdas dan jangan hanya sekadar produk makanan bebas lemak saja.

3. Bakar Kalori yang Dikonsumsi dengan Berolahraga Keras

Membakar kalori yang dikonsumsi dengan berlebihan bisa mematikan. Praktik ini malah menyebabkan kondisi yang disebut 'latihan anoreksia'. Selain tidak sehat, praktik ini juga menyebabkan kelelahan dan cedera. Jangan melupakan fakta bahwa tubuh Anda terus membakar kalori, bahkan ketika Anda tidak aktif secara fisik.

4. Berolahraga Cukup dengan Melakukan Kegiatan Sehari-hari

Kegiatan sehari-hari mungkin bisa menjadi aktivitas fisik yang menyehatkan. Tapi jangan lantas melupakan waktu olahraga. Sebab standar waktu olahraga adalah 30-60 menit dan dilakukan 3-6 kali dalam sepekan. Menggunakan tangga untuk menggantikan lift dan melakukan pekerjaan rumah memang dianjurkan, namun hal itu tidak boleh sampai menggantikan olahraga rutin Anda.

5. Melewatkan Waktu Makan Bikin Kurus

Mitos 'lewatkanlah waktu makan agar cepat kurus' sering kali kita dengar. Tapi jangan pernah Anda lakukan. Mungkin benar, melewatkan waktu makan akan membuat seseorang jarang makan sehingga badannya kurus. Tapi ini adalah praktik yang tidak sehat.

Jika Anda kerap melewatkan waktu makan, apalagi dalam jangka waktu yang lama, Anda akan sampai pada kondisi kelaparan. Saat seperti ini Anda bisa jatuh sakit, atau mungkin karena tidak tahan dengan kelaparan itu Anda malah makan banyak-banyak. Alhasil diet Anda berantakan. Jadi rencanakanlah diet Anda dengan baik, dan jangan biarkan tubuh Anda kelaparan.

6. Makan Makanan yang Rendah Karbohidrat Satu-satunya Cara Tetap Fit

Karbohidrat adalah sumber makanan yang penting bagi tubuh. Sebab zat ini dibutuhkan tubuh sebagai cadangan makanan, materi pembangun, serta bahan bakar. Namun banyak orang yang berdiet memiliki pantangan dengan zat ini.

Padahal sebenarnya karbohidrat bisa membantu menerunkan berat badan seseorang jika dikonsumsi dengan bijaksana dan cerdas. Misalnya dapatkanlah karbohidrat dari makanan yang memiliki serat sehingga Anda akan kenyang lebih lama dan memaksimalkan upaya hidup sehat.

0 Response to "'Aturan' Diet Ini Jangan Anda Dengarkan"

Posting Komentar