Kalau Flu Sudah Seperti Ini, Harus ke Dokter

pangkalan bun - Flu dan juga batuk pilek seringkali diabaikan karena hanya dianggap penyakit ringan. Tapi jika flu dan pilek yang datang disertai dengan kondisi berikut ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, flu dan batuk mudah sekali menyerang. Umumnya flu dan pilek ini dapat ditangani dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan istirahat yang cukup. Tapi kadang flu dan pilek yang muncul disertai kondisi lainnya.

Berikut ini tanda-tanda penyakit flu dan pilek harus dibawa ke dokter, seperti dikutip dari WebMD, Jumat (11/1/2013) yaitu:

1. Sulit bernapas atau nyeri dada
Selain hidung tersumbat dan beberapa nyeri otot, penyakit flu dan pilek yang dialami seharusnya tidak sampai membuat sesak napas atau rasa sakit di dada. Jika gangguan ini muncul sebaiknya hubungi dokter untuk mengetahui adakah masalah lain yang mendasarinya seperti asma, gangguan jantung atau lainnya.

2. Demam tak kunjung hilang
Demam yang tak kunjung hilang bisa menjadi tanda adanya infeksi sekunder dalam tubuh yang harus diobati. Pada orang dewasa seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat celsius.

3. Muntah dan tidak bisa menerima cairan
Tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar tetap terhidrasi. Jika seseorang muntah dan tidak bisa menerima cairan sebaiknya segera ke rumah sakit agar tidak terjadi dehidrasi, biasanya pasien akan diberikan cairan intravena melalui pembuluh darah.

4. Sakit tenggorokan dan sulit menelan
Rasa sakit di tenggorokan dan sulit menelan membuat seseorang tidak nafsu makan yang menyebabkan tubuh semakin lemas karena tidak ada energi. Rasa sakit ini bisa menjadi tanda adanya infeksi, iritasi atau cedera yang perlu perawatan dokter.

5. Batuk terus menerus
Batuk yang terus menerus bisa berhubungan dengan kondisi lain seperi asma, pertusis (batuk rejan) atau GERD (gastroesophageal refluxdisease) yang harus ditangani dokter. Jika batuk yang terjadi lebih dari 2-3 minggu, biasanya dokter memperhitungkan adanya infeksi yang membutuhkan antibiotik.

6. Sakit kepala dan hidung mampet
Pada orang yang memiliki gangguan sinus, maka flu dan pilek yang terjadi menyebabkan hidung mampet dan penyumbatan pada saluran sinus. Pada infeksi sinus seringkali diikuti dengan hidung mampet dan sakit kepala, terutama di daerah antara mata.

0 Response to "Kalau Flu Sudah Seperti Ini, Harus ke Dokter"

Posting Komentar