Manfaatkan Teknologi untuk Kesehatan

pangkalan bun - Manusia modern sudah tak dapat dipisahkan dari teknologi. Namun hampir setiap hari ada saja studi yang mengungkapkan bahaya dan risiko yang bisa ditimbulkan teknologi seperti terlalu banyak memanfaatkan gadget, terutama di malam hari bisa menyebabkan stres atau gangguan mental.

Namun seperti halnya dengan dua sisi mata uang, teknologi juga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup seseorang dengan mendorongnya hidup sehat. Ini dia sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh teknologi untuk meningkatkan kondisi kesehatan seseorang seperti dikutip dari health24, Selasa (8/1/2013).

1. Aplikasi kebugaran
Aplikasi kesehatan dan kebugaran yang tinggal di-install ke dalam ponsel memudahkan seseorang untuk menjalani latihan kebugaran hanya dengan panduan aplikasi tersebut. Bahkan bisa dikatakan hampir segala aktivitas yang berkaitan dengan kebugaran dapat dibantu atau ditingkatkan intensitasnya hanya dengan sebuah aplikasi ponsel.

Misalnya jika Anda ingin tahu seberapa jauh Anda berjalan hari ini atau seberapa banyak kalori yang Anda konsumsi hari ini maka Anda tinggal memantaunya dari aplikasi pedometer atau aplikasi untuk mengetahui jumlah kalori. Anda juga bisa menggunakan aplikasi video kebugaran untuk mengetahui latihan peregangan apa yang Anda perlukan sebelum jogging.

2. Diari makanan
Diari makanan telah lama dijadikan metode diet populer selama bertahun-tahun dan teknologi pun membuat metode ini terasa semakin mudah digunakan.

Kini ada berbagai situs dan aplikasi yang akan merekam setiap makanan yang Anda konsumsi, termasuk memberi Anda informasi tentang kandungan kalori total dan jumlah energi yang Anda butuhkan untuk aktivitas seharian sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui seberapa banyak makanan yang harus Anda konsumsi secara akurat.

Jika Anda masih berpikir aplikasi ini tidak benar-benar efektif, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa orang-orang yang memanfaatkan diari makanan (food log) akan terus kehilangan 2,8 kilogram lebih banyak daripada orang-orang yang menjalankan diet tapi tanpa merekam asupan makanannya.

3. Gadget pendamping latihan fisik
Ada berbagai jenis gadget yang dapat digunakan untuk membantu Anda tetap sehat sepanjang hari. Misalnya, jika Anda ambil bagian dalam sebuah aktivitas kardiovaskular maka Anda bisa memanfaatkan sebuah alat monitoring detak jantung. Alat ini akan memudahkan Anda untuk memaksimalkan efisiensi latihan dengan bekerja pada zona persentase tertentu dari detak jantung maksimum Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan GPS untuk melacak rute lari Anda lewat satelit, termasuk memberikan pembacaan kecepatan dan jarak yang ditempuh secara akurat.

4. Pendongkrak kesehatan online
Berselancar di internet tampaknya seperti kurang kerjaan tapi ternyata aktivitas ini dapat mendongkrak kondisi kesehatan Anda. Menurut sebuah riset yang digelar oleh University of Californa, Los Angeles, browsing dapat meningkatkan kesehatan otak, terutama bagi orang-orang berusia paruh baya, bahkan diduga aktivitas ini dapat mengurangi efek penuaan terhadap otak.

Tak hanya browsing, nyatanya aktif di situs jejaring sosial seperti Facebook juga meningkatkan kondisi kesehatan. Pasalnya sebuah survei yang dilakukan oleh Fitbit menunjukkan bahwa di-tag foto-foto diri yang tidak menarik justru menjadi pendorong utama bagi sebagian orang untuk memutuskan menurunkan berat badannya.

5. Berbagi cerita
Latihan fisik untuk menurunkan berat badan memang terasa berat, tapi berbagi kisah tentang itu akan memberikan dampak positif, baik untuk diri Anda sendiri maupun orang lain. Caranya, mulailah membuat blog tentang latihan fisik Anda. Fungsinya untuk melacak kemajuan latihan Anda, membandingkannya dengan kisah yang dimiliki pecinta latihan kebugaran lainnya serta mengambil motivasi dari blog orang lain.

Menurut sebuah studi yang digelar oleh Kaiser Permanante, membuat pendekatan yang terencana dan terdokumentasi dengan baik saat melakukan upaya penurunan berat badan dan latihan kebugaran telah terbukti efektif untuk mencapai target berat badan yang Anda inginkan.

Dari studi ini juga terungkap bahwa orang-orang yang merekam kemajuan latihannya secara online atau menuliskannya dalam sebuah diari dapat menurunkan berat badannya 6 kilogram lebih banyak daripada orang-orang yang tidak melakukannya, hanya dalam waktu enam bulan.

6. Memperkuat otak
Banyak yang mengatakan bermain video bukanlah aktivitas yang produktif, lagipula hanya buang-buang waktu saja. Namun nyatanya tim peneliti dari Mind Research Network di Albuquerque, AS menemukan bahwa orang yang rutin bermain permainan sederhana seperti Tetris saja memiliki cerebral cortex yang lebih tebal ketimbang orang yang tak pernah memainkannya.

Sepakat dengan temuan itu, studi lain yang digelar oleh University of Rochester, AS juga menemukan kaitan antara permainan tembak-tembakan dengan peningkatan kemampuan pengambilan keputusan dan kecepatan pemberian reaksi.

7. Tetap terhubung dengan orang lain
Jika Anda terjebak di rumah tanpa memiliki akses ke gym atau seorang personal trainer, bisa dipastikan perasaan terisolasi ini dapat merusak latihan kebugaran yang selama ini Anda upayakan. Beruntung hal ini dapat diatasi oleh teknologi.

Buktinya, tim peneliti dari Northwestern University menemukan bahwa partisipan yang bisa berbicara atau memiliki akses konsultasi dengan seorang trainer lewat telepon, email dan video messaging rata-rata dapat membuat pilihan gaya hidup yang lebih sehat daripada orang-orang yang hanya berkutat dengan alat latihan kebugarannya sendiri.

Fenomena yang disebut dengan 'remote coaching' ini belakangan mulai banyak diminati karena Anda tetap dapat menikmati manfaat sesi latihan bersama seorang personal trainer tanpa harus meninggalkan rumah.

Sumber : http://health.detik.com

0 Response to "Manfaatkan Teknologi untuk Kesehatan "

Posting Komentar