Menteri Keuangan Irak Lolos dari Percobaan Pembunuhan

pangkalan bun - Menteri Keuangan Irak, Rafa al-Essawi lolos dari upaya pembunuhan. Sebuah bom pinggir jalan meledak tepat di dekat iring-iringan kendaraan yang ditumpanginya.

Konvoi kendaraan yang membawa Essawi tengah melaju di antara kota Fallujah dan Abu Ghraib, Baghdad sebelah barat, ketika bom tersebut meledak pada Minggu (13/1). Untungnya, ledakan tersebut tidak memakan korban jiwa.

Menurut petugas keamanan setempat yang enggan disebut namanya, tidak ada korban luka akibat ledakan tersebut. Hanya beberapa kendaraan yang ada dalam rombongan mengalami kerusakan akibat ledakan. Demkian seperti dilansir AFP, Senin (14/1/2013).

Hingga saat ini, belum diketahui siapa dalang di balik serangan bom tersebut. Belum ada pihak-pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini.

Namun serangan ini terjadi di tengah terus berlangsungnya krisis politik yang dipicu konflik sektarian di Irak hingga saat ini. Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan Essawi sempat terlibat perseteruan dengan Perdana Menteri Nuri al-Maliki yang merupakan penganut Syiah.

Essawi mendesak Maliki untuk mundur dari jabatannya. Sebabnya, Maliki dinilai terlalu otoriter dan mementingkan kepentingan kaumnya, bukan rakyat Irak secara keseluruhan. Bahkan, banyak warga penganut Sunni yang menuding pemerintah sengaja menyerang mereka.

Sepanjang pekan lalu, aksi unjuk rasa anti-pemerintah digelar di sejumlah wilayah Irak, terutama yang dihuni warga penganut Sunni. Unjuk rasa tersebut pada dasarnya menentang kepemimpinan pemerintah yang dipimpin PM

0 Response to "Menteri Keuangan Irak Lolos dari Percobaan Pembunuhan "

Posting Komentar