Jangan Abaikan Nutrisi Penting Ini Bagi Ibu Hamil

Pangkalan Bun - Ketika sedang hamil, Anda harus benar-benar memperhatikan nutrisi yang diasup. Sebab saat ini Anda harus memberi makan dua orang yakni diri Anda sendiri dan si kecil yang masih berada di rahim.

Konsultan diet dan pakar nutrisi, Dr Shilpa Mittal berbagi tips soal nutrisi bagi ibu hamil. Nah dengan masukan dari pakarnya kesehatan makanan ini, Anda akan semakin tahu mana nasihat yang perlu didengar dan mana yang tidak.

"Ibu hamil perlu melakukan diet seimbang," kata Dr Shilpa seperti dikutip dari Times of India, Senin (18/2/2013).

Dia menjelaskan seorang perempuan hamil membutuhkan tambahan kalori sebanyak 300 Kcal, tambahan protein 15 mg, tambahan kalsium 600 mg, dan tambahan zat besi 8 mg.

Karena perempuan hamil sering merasa mual, maka sebaiknya mereka tidak makan makanan penuh dalam satu waktu. Nah, sebaiknya ibu hamil makan membagi makanannya dalam beberapa porsi yang lebih kecil.

Selain itu perlu juga menambah protein berkualitas, kalsium, riboflavin dan nutrisi lain yang bisa didapat dari susu, kecambah, maupun buah-buahan kering. Jika Anda bukanlah vegetarian, Anda bisa makan telur atau ikan atau ayam yang dikonsumsi dua kali dalam sepekan.

Ibu hamil juga perlu rajin-rajin mengonsumsi sayuran. Ada baiknya makan 3 mangkuk sayuran dalam sehari. Rutin makan salad atau sayuran hijau lainnya bisa memberi manfaat sehat bagi ibu hamil.

Jangan lupa makan buah-buahan. Anda bisa makan pisang, jeruk, dan buah musiman lainnya. Ibu hamil yang terbiasa makan sayur dan buah cenderung memiliki anak yang suka buah dan sayur. Sebab anak telah mempelajari rasa buah dan sayur sejak berada dalam kandungan.

0 Response to "Jangan Abaikan Nutrisi Penting Ini Bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar