Meditasi Teh untuk Menenangkan Diri

Pangkalan Bun - Kelelahan bisa saja membuat Anda jatuh sakit. Agar Anda tidak mudah stres, lelah dan sakit, cobalah untuk lebih tenang dalam menghadapi segala masalah.

Jika tak punya cukup waktu untuk bersantai, atau bahkan untuk liburan, meditasi beberapa menit bisa jadi jalan keluarnya. Salah satu meditasi yang cukup menyenangkan adalah meditasi teh.

Ritual teh mulai merebus air, menyeduh daun, dan menghirup aromanya bisa membantu Anda menenangkan diri. Begini langkah-langkah mudah untuk melakukan meditasi teh.

1. Gunakan teh berkualitas baik
Ada banyak varian teh yang punya citarasa enak. Daripada teh celup, ada baiknya Anda memilih teh tubruk yang berkualitas baik. Usahakan untuk memilih teh tanpa tambahan aroma, karena umumnya teh ini memiliki kualitas yang lebih baik.

Ketika memilih teh di lemari penyimpanan dan menuangkannya ke dalam teko kecil, hidung akan dimanjakan dengan aroma teh yang membuai. Aroma teh segar ini akan memanjakan hidung dan terasa menenangkan.

2. Rebus air
Gunakan air mendidih untuk menyeduh teh, atau dengan tingkat panas yang bervariasi tergantung pilihan tehnya. Pilih ketel kaca untuk merebus air ini. Saat sedang merebus, jangan lakukan hal lain.

Duduklah di depan kompor dan perhatikan setiap perubahan yang terjadi di ketel kaca ini. Perhatikan tiap gelembung dari kecil sampai besar. Air adalah keajaiban, begitu juga panas. Nikmati saja setiap perubahan yang terjadi, dan rasakan ketenangannya.

3. Seduh teh
Tambahkan satu cangkir air mendidih ke satu sendok makan teh tubruk. Siram daun teh perlahan-lahan. Selagi diseduh, aroma teh akan keluar sedikit-sedikit. Saat itu, hirup dalam-dalam. Sesap aromanya yang harum.

4. Biarkan teh sedikit dingin
Anda tak mungkin minum teh selagi panas kan? Biarkan teh ini sedikit dingin. Selagi menunggunya dingin, perhatikan warna minumannya. Nikmati aroma udara sekitar, dan rasakan cangkir keramik di tangan Anda.

Pikirkan tentang perjuangan para pemetik daun teh yang tinggal ribuan kilo jauhnya. Pikirkan juga tentang kebun teh dengan daun-daunnya yang menghijau dan keindahan kebun teh lainnya.

5. Nikmati tehnya
Setelah menunggu beberapa saat, penantian untuk menikmati sesapan demi sesapan teh ini mendekati akhir. Perhatikan suhunya, apakah panas, hangat, atau dingin?

Perhatikan juga rasanya, apakah lebih terasa seperti rumput, bunga, atau buahkah yang lebih dominan di lidah Anda? Bagaimana rasanya di mulut Anda? Apakah terlalu pekat, kering, ringan, atau bahkan creamy? Perhatikan hal-hal detail dari teh yang diminum, karena hal ini akan membantu Anda untuk menghindarkan pikiran dari hal-hal yang memusingkan.

0 Response to "Meditasi Teh untuk Menenangkan Diri"

Posting Komentar