Mengapa Anak Indonesia Harus Imunisasi Rutin? Ini Sebabnya

Pangkalan Bun - Imunisasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah sebagai bentuk pencegahan penyakit. Namun faktanya masih banyak anak yang tidak mendapatkan imunisasi karena berbagai alasan. Menurut Kemenkes RI, setiap anak di Indonesia seharusnya mendapatkan imunisasi rutin. Mengapa demikian?

"Meskipun program imunisasi sudah dilaksanakan sejak lama, namun faktanya masih banyak orang tua yang enggan membawa anaknya untuk diimunisasi. Padahal imunisasi memberikan banyak manfaat, terutama untuk pencegahan penyakit," papar dr Desak Made Wismarini, MKM, Direktorat Surveilans, Imunisasi, Karantina, dan Kesehatan Matra Kemenkes RI, dalam press briefing yang disampaikan di Gedung Kemenkes RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Menurut dr Made, 3 alasan utama anak harus mendapatkan imunisasi rutin antara lain:

1. Upaya pencegahan paling efektif

"Banyak upaya pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk melindungi kesehatan anaknya, namun upaya yang paling mudah pelaksanaannya adalah dengan imunisasi. Imunisasi memberikan efek yang akan dirasakan manfaatnya langsung oleh anak," tutur dr Made.

Imunisasi juga dinilai terjangkau jika dibandingkan dengan upaya lain, sebab jika dilakukan di puskesmas atau posyandu maka orang tua bisa menghemat biaya karena akan diberikan gratis dari pemerintah sebagai salah satu program penurunan angka kematian anak.

2. Melindungi orang tua si anak

Mengapa demikian? Sebab menurut dr Made, beberapa penyakit yang memang dibuatkan vaksinnya dalam program imunisasi ini merupakan penyakit menular.

"Sehingga jika si anak sudah mendapatkan imunisasi, maka sebenarnya bukan hanya dirinya yang terlindungi. Maka termasuk juga orang tua, saudara, dan orang lain di sekitarnya," ujar dr Made.

3. Vaksin sesuai standar aman WHO

Vaksin yang diberikan untuk anak Indonesia merupakan produk buatan dalam negeri, dalam hal ini oleh Biofarma yang berpusat di Bandung, Jawa Barat. Namun yang perlu diingat menurut dr Made adalah bahwa kualitas vaksin yang diproduksi oleh Indonesia sudah mendapatkan standar aman dari World Health Organization (WHO). Sehingga tidak ada keraguan lagi untuk membawa anak ke posyandu untuk diimunisasi.

Sumber : http://health.detik.com

0 Response to "Mengapa Anak Indonesia Harus Imunisasi Rutin? Ini Sebabnya"

Posting Komentar