Obat Ekstrak Herbal Tak Kalah dengan Obat Kimia

Obat-obatan herbal hingga saat ini masih menjadi pertanyaan dan juga menjadi sebuah kontroversi di dunia medis. Namun ternyata jika diolah dengan benar ekstrak herbal dapat digunakan dan memiliki khasiat yang sama seperti obat pada umumnya lho.

Contohnya seperti tanaman kayu manis. Namun, tidak semua kayu manis dapat digunakan sebagai ekstrak untuk mengobati maag dan diabetes.

"Untuk kayu manis setelah melalui riset, kayu manis di lereng Gunung Kerinci di Jambi adalah yang paling baik. Dan dari sekian banyak jenis kayu manis, Cinnamomum burmannii yang paling bagus," terang Dr Raymond R. Tjandrawinata, MS, MBA, FRSC, Direktur Eksekutif DLBS, PT Dexa Medica.

Hal ini disampaikannya pada Peresmian Fasilitas Industri Ekstrak Bahan Alam, DLBS, PT Dexa Medica dan ditulis pada Rabu, (21/8/2013). Acara ini diselenggarakan di Kawasan Industri Jababeka II, Cikarang, Jawa Barat.

Selain itu, Raymond juga menyatakan bahwa kayu manis sendiri lebih baik daripada obat kimia. Bahkan, obat-obatan dengan bahan baku herbal ini tetap dapat dikonsumsi bersama obat kimia.

"Namun, baik herbal dan obat kimia tetap memiliki efek samping. Contohnya seperti gatal-gatal," ungkapnya.

Raymond pun menjelaskan bahwa terdapat 13.000 spesies tanaman di Indonesia yang dapat digunakan menjadi obat. Nah semakin banyak digunakan tentu saja tanaman ini akan berkurang jumlahnya.

"Untuk itu diadakan kultur jaringan tanaman demi menyiasati kehabisan bahan baku obat yang menggunakan ekstrak atau fraksi herbal," tutupnya.


Sumber : http://health.detik.com

0 Response to "Obat Ekstrak Herbal Tak Kalah dengan Obat Kimia"

Posting Komentar